Ads block

Banner 728x90px

SUKSESKAN ATS DENGAN KEMAH PENDIDIKAN KESETARAAN


 

Penyerahan dari FMPP ke Narasumber

Grobogan, 17 Juni 2023

PKBM dan SKB  di Grobogan mengadakan Kemah Pendidikan Kesetaraan dan Sarasehan dengan tema kesetaraan mengabdi untuk masyarakat berkarya untuk bangsa.

Kegiatan dilaksanakan di wanawisata sendangcoyo pada Sabtu - Minggu, tanggal 17-18 Juni 2023 hadir sebagai Keynote Speaker dari Bapeda Kab Grobogan Joko Ariyadi, sedangkan pematerinya adalah Dispermasdes Yuono Joko, Dinas Pendidikan Sutomo,  dan dari BAZNAS Pujiyanto.

Misbachul Munir selalu Ketua FMPP (Forum Masyarakat Peduli Pendidikan) Kabupaten Grobogan menyampaikan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Grobogan di semua leading sektoral di Kabupaten Grobogan hal ini dilakukan secara bergandeng tangan bersama untuk penuntasan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Grobogan.

Misbachul Munir, M.S.I Ketua FMPP Kab Grobogan


Sutomo Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Kabupaten Grobogan menyampaikan bahwa Kabupaten Grobogan termasuk dalam kategori  kemiskinan ekstrim di Jawa Tengah sebanyak 898 anak terdata tidak sekolah dan dari jumlah tersebut  sudah tervevali sebanyak 510 anak.

Peran Bapeda dalam penanganan ATS Bapeda berperan sebagai mediator di Dinas dan perusahaan di Kab Grobogan untuk menyampaikan bantuan kepada masyarakat miskin, tiap bulan melakukan verval setiap hari Jum'at di lakukan rapat Minggu.

PKBM merupakan ujung tombak penanganan ATS merupakan rujukan untuk kembali sekolah. Saya mau saya bisa. tambah Bapeda

Pujiyanto  menyampaikan materi peran BAZNAS dalam sukses ATS 


Godong salam godong jati "jawab salam mudah rejeki"  awal pembicaraan dari Yuono Joko selaku perwakilan dari Dispermades. beberapa hal yang sudah dilakukan oleh Dispermades diantara mendata secara Riel ada 8 desa menjadi lokasi sasaran, selain itu ada alokasi desa untuk penuntasan ATS, pembangunan manusia lebih penting dari sarana dan prasarana dengan melakukan pemberian makanan tambahan yang gizinya sudah di ukur. 

sedangkan Pujiyanto perwakilan dati BAZNAS Pendidikan sangat penting setelah makan, mendidik adalah memanusiakan manusia, BAZNAS pusat mempunyai SMP cendikia dan gratis ada 1 di Bogor, BAZNAS Grobogan melakukan kerjasama BPUPN dengan salah satu pesantren di Grobogan, menyekolahkan 2 orang untuk menjadi Tahfidz.

Ada juga beasiswa SD, SMP, SMA dan S1  BAZNAS untuk starting, BPJS, RTLH dan saat ini BAZNAS menyalurkan 1000 BPJS untuk warga miskin. Imbuh Pujiyanto.

Selain kegiatan Kemah di pagi hari teman teman diadakan senam bersama dan pembagian doorprize selain itu dilakukan bhakti sosial PKBM Peduli lingkungan dengan melakukan penanaman Pohon di sekitar wanawisata sendang coyo.

Penanman pohon di wanawisata sendang coyo

ATS di Grobogan tidak akan bisa terselesaikan secara maksimal apabila tidak bergandeng tangan dari Pemerintah dan Swasta di Kabupaten Grobogan dengan suksesnya ATS akan menjadi tolak ukur Kemiskinan dan Pendidikan di Kabupaten Grobogan.


Kesetaraan A/ SD Tahfidz Basmala Resmi memiliki GUDEP Pramuka


 

Penyerahan atribut gudep 16-167/16-168

Selasa, 27 Juni 2023

Lembaga yang dirintis sejak tahun 2009 oleh Misbachul Munir, M.S.I bermula dari pembelajaran Anak Usia dini KB Permata, Kesetaraan B (setara SMP) dan Kesetaraan C (Setara SMA), kemudian melakukan pendampingan orang tua dengan melakukan pelatihan membatik dan konveksi yang pertempat di Desa Tambakan Kec Gubug. 


Pada tahun 2011 Membukan Program baru yaitu Tempat Penitipan Anak TPA Permata Bangsa di kota Kecamatan Gubug  yang bermula menyewa rumah selama 4 Tahun, baru kemudian pada tahun 2013 menempati gedung baru di Jl Pilangsari Raya no 99 Desa Gubug kab Grobogan.

Kesetaraan A/SD tahfidz Basmala didirikan pada tahun pelajaran 2020/2021 atas banyaknya permintaan dari orang tua dan masyarakat sekitar yang membutuhkan pendidikan lanjutan yang kompeten dalam pendidikan anak-anak mereka. 

Menyanyikan lagu Indonesia Raya



Kesetaraan A/SD Tahfidz Basmala merupakan layanan pendidikan yang mempunyai pembelajaran 3 in 1 dimana pembelajaran tersebut mengkombinasikan pembelajaran Tahfidz, Kurikulum merdeka dan madrasah diniyah, pagi anak anak diajak pembiasaan solat Dhuha dilanjutkan dengan kegiatan tahfidz dengan masing masing pembimbing setelah itu istirahat dilanjutkan dengan pembelajaran di kelas masing masing sesuai dengan jenjang.

Pada siang setelah siswa-siswa istirahat ada kegiatan pembelajaran diniyah dengan materi fasholatan, bahasa arab dan ngudi susilo. kegiatan yang demikian ini dikemas dengan pembelajaran yang menyenangkan agar semua siswa nyaman dan serasa berada di lingkungan keluarga.

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Penyematan atribut Gudep oleh Ketua Kwaran Gubug



Pelantikan dan pengukuhan di Kesetaraan A/SD Tahfidz Basmala dengan Gugus Depan (Gudep) 16-167 / 16-168  Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui SK Kwartir Ranting Gubug Kwarcab Grobogan Nomor : 027/KWR.11.15.16 Tahun 2023  tanggal 27 Juni  2023 bertempat di halaman gedung Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Basmala Gubug bertindak langsung dalam pelantikan tersebut adalah Kak Prihadi yang sekaligus sebagai ketua Kwatir Ranting Kecamatan Gubug Kab Grobogan.

Suyitno, M.Pd Selaku wakil dari Kwartir Cabang Grobogan menyampaikan bahwa dalam mejalankan roda kegiatan gugus depan tidak perlu sakleg dengan aturan teori namun pada dasarnya 3 hal penting secara praktis wajib dilaksanakan lebih dulu yaitu 1. Performance, 2. Pelajari Kegiatannya dan 3. Administrasinya.

Semoga dengan pelantikan dan pengukuhan ini menjadikan Kesetaraan A/SD Tahfidz Basmala semakin diminati, menjadi pilihan dalam layanan pendidikan yang nantinya dapat membentuk generasi yang berkarakter, mandiri cerdas dan berprestasi .


Penandatanganan SK Gudep 16-167/16-168 kesetaraan A/SD tahfidz Basmala


Sabutan Kamabigus Bpk Misbachul Munir

Foto bersama setelah Pelantikan dan pengukuhan

Foto bersama KaKwaran Gubug (Kak Prihadi), SekKwarcab Grobogan (Kak Suyitno), KaMabigus (kak Munir), KaMabiran (Kak Zaeni).









KEBHINEKAAN GLOBAL dalam Pagelaran Pentas Seni dan Wisuda


 



Minggu, 25 Juni 2023 Gelaran Pentas Seni dan Wisuda dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial YPIS BASMALA, kegiatan yang bertemakan Kebhinekaan Global ini diusung sebagai bentuk implementasi kurikulum yang dilaksanakan selama pembelajaran di jenjang PAUD.

YPIS Basmala yang melaksanakan program Taman Penitipan Anak Permata Bangsa, Kelompok Bermain Permata, Kesetaraan A SD Tahfidz, Paket B, Paket C dan Ponpes.

Gelaran Pentas Seni dan wisuda dilaksanakan  dengan berbagai kegiatan yang menampilkan kreatifitas anak dari berbagai jenjang kegiatan yang dimulai dari Pembacaan Asmaul Husna dengan siswa siswi SD tahfidz Basmala kemudian diawali dengan penampilan group Rebana El Bast yang beranggotakan kelas 2 dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC  Miss Putri dan Mbak Nailis yang sekarang kelas 2 dengan menggunakan bahasa Jawa.

Miss Inna Afidah selaku panitia kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan yang bertemakan Kebhinekaan Global ini bertujuan untuk memupuk jiwa Pancasila kepada semua peserta. Selain ituj uga semua PTK memakai pakaian adat daerah yang bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta yang hadir dalam kegiatan ini. 











Penampilan yang berjumlah 17 penampilan tersebut merupakan ide dan gagasan dari semua wali kelas dan pendamping masing-masing imbuhnya. penampilan tersebut adalah  
1. Mengumandangkan Ayat Suci Al Qur'an dari Ananda Syafia Rahma Widodo dan Kameela Aliya Naladipa

2. Drumband KB Permata 

3. Tari Profil Pelajar Pancasila TPA Permata Bangsa 

4. Dance tangan diputar putar kelompok Emas 1 

5. Dance ikan berenang renang kelompok Emas 2 

6. Hafalan surat Ar-Rohman ananda Leo 

7. Drama Kebinekaan Global diringi olehe penampilan paduan suara guruku tersayang, tari Jamuran, tari Lil Alamiin, penampilan seni kreasi bujang ganong, dan dance tiktok oleh kelompok Intan TPA Permata Bangsa 

8. Tari Abatasa KB Permata 

9. Tari Aisyah KB Permata

10. Menyanyikan lagu Bunda dari ananda Bylqis dan kawan kawan

11. Dance ikan dalam kolam KB pertama

12. Tari Yamko Rambe Yamko kelompok berlian 1

13. Tari gundul pacul kelompok berlian 2

14. Tari Ampar Ampar Pisang kelompok berlian 3

15. Pantomim SD Tahfid Basmala

16. Tari Soyong Miss dan Kakak Basmala

17. Musikalisasi puisi SD Tafidz Basmala

Dinas Pendidikan Kab Grobogan yang diwakili oleh kasi Pembinaan PNF Dra Retno Wulan Danik menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada ketua YPIS Basmala, semua pendidik, orang tua hebat, tamu undangan dan semua yang terlibat dalam kegiatan hari ini.

Tidak mudah melaksanakan event kegiatan yang besar ini tanpa ada dukungan dan semua pihak, selamat kepada yang diwisuda hari ini baik dari jenjang PAUD dan Program kesetaraan Paket B dan C di PKBM Basmala, imbuhnya.






Mari kita bersama-sama mewujudkan generasi kita yang lebih berkarakter, mandiri, cerdas dan berprestasi untuk Indonesia unggul.





Raport Pendidikan bagi satuan PKBM "PENTING"



Purwodadi, Dinas Pendidikan Kab Grobogan mengadakan sosialisasi Raport Pendidikan bagi Ketua PKBM, Kepala SPNF SKB  dan operator Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) se Kabupaten Grobogan yang dilaksankan di Aula Dinas Pendidikan pada Jumat (9/6/2023).

Kegiatan yang di buka langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab Grobogan, dalam sambutannya Wahono (Sekretaris Dinas Pendidikan) mengatakan bahwa raport pendidikan merupakan platform program pemerintah yang berisi data-data yang saling terintegrasi.

"Selama ini data sering diremehkan, karena itu sekarang harus tumbuh kesadaran bahwa segala sesuatu dimulai dengan data yang akurat,” tuturnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Kusfitria Marstyasih Ketua Forum PKBM Kabupaten Demak dan Sutomo Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Grobogan.

Kusfitria Marstyasih menyampaikan bahwa sebagai sistem yang terintegrasi melalui berbagai aplikasi diantaranya dapodik, AN, BPS dan sebagainya maka lembaga PKBM sangat perlu menertibkan pendataan mulai dari input hingga pengelolaan lanjutan.

Misbachul Munir Ketua FK PKBM Grobogan mengapresiasi para anggotanya yang bisa menerima segala perubahan demi perkembangan pendidikan non formal terutama yang berhubungan dengan platform digital sebagai sarana maupun media pembelajaran di era 4.0.

“Kita memang harus mau menerima perubahan agar bisa mengikuti perkembangan zaman demi perkembangan pendidikan non formal, ” ucapnya.

Sumber 
https://lenterajateng.com/pkbm-implementasikan-rapor-pendidikan/

Dinas Pendidikan Monitoring PAT dan Asesemen Sumatif di Kesetaraan A/SD Tahfidz Basmala



Senin, 05 Juni 2023
Kesetaraan A/SD Tahfidz Basmala Gubug melaksanakan Penilaian Akhir Tahun bagi kelas 3 dan Asesmen Sumatif bagi kelas 1 dan 2, kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Al Ghozali lantai 1 dan 2 PKBM Basmala di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Basmala.

Pelaksanaan tersebut bertujuan untuk melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan selama semester genap ini, ujar Misbachul Munir, M.S.I selaku ketua Yayasan.

Selain penilaian akhir tahun ada juga tes Tahfidz dan Imtihan untuk sekolah Madrasah Diniyah materi Imtihan tersebut antara lain Membaca Huruf Pegon (kitab Fasholatan), Praktik Sholat Subuh plus doa Qunutnya, untuk kelas 3, hafalan Asmaul Husna untuk kelas 1&2, imbuh Munir.

Perihadi, S.Pd selalu penilik Korwicam Bidang Pendidikan Kecamatan Gubug melakukan kegiatan monitoring dalam pelaksanaan tersebut dia menjelaskan bahwa di PKBM Basmala adalah salah satu satuan yang mempunyai layanan kesetaraan di tingkat dasar di Kabupaten Grobogan. 

Pendidikan sesuai amanat Undang-undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 dijelaskan disana bahwa pendidikan yang dilaksanakan di PKBM Basmala adalah jalur Non Formal yang mana Ijazah, Lulusan juga diakui oleh Negara tambah Prihadi.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dari hari Senin - Sabtu, tanggal 05-10 Juni 2023.