Ads block

Banner 728x90px

Studi Tiru SKB Blora di PKBM Basmala


Senin, 19 Desember 2022
PKBM Basmala kedatangan tamu dari SKB Blora kedatangan temen2 dari SKB Blora bertujuan untuk studi tiru program kegiatan yang ada di PKBM Basmala.

Misbachul Munir selaku Ketua PKBM Basmala menyampaikan dalam pembukaan kegiatan menyampaikan sejarah singkat PKBM Basmala sejak berdiri tahun 2009 sampai membuka kampus 2 di Kota Kecamatan Gubug, awal mula membuka Kelompok Bermain Permata dan program Kesetaraan B dan C (setara SMP dan SMA), tahun 2010 mengadakan pendampingan pemberdayaan dan ketrampilan batik tulis yang pesertanya dari ibu ibu wali murid yang menunggu anaknya sekolah di KB Permata. 
Kemudian tahun 2011 membuka Tempat Penitipan Anak (TPA) Permata Bangsa di jl Pilangsari Gubug. Kemudian tahun 2019 membuka Kesetaraan A SD Tahfidz Basmala imbuh Munir.




Kelit 2022 bersama Pegiat Literasi



#19-20 November 2022
Sesekali menikmati indahnya alam dengan mengikuti kegiatan yang menurut saya sangat banyak manfaat ketemu orang-orang yang lebih hebat, yang lebih bersemangat, ketemu temen lama yang lama sekali tidak ketemu 'cowok lho ya' yang asalnya curi pandang terus menyapa --eh kamu Munir ya-- haha podowae ijeh cilik koyo mbiyen tapi Saiki gendut, yang selalu bisa menikmati sehat, menikmati oksigen yang free tanpa berbayar sehingga selalu kita banyak bersyukur.

Ya saya mengikuti kemah literasi tahun 2022 mendampingi pak Ketua FTBM Jawa Tengah pak Triono ya sekedar menjadi driver dan gojekan ngalor ngidul selama perjalanan dari Salatiga melewati temanggung - wonosobo - banjanrnegara - purbalingga - banyumas wow lumayan sih lama Ndak traveling ternyata ya lumayan hehe oh ya selama perjalan ada pegiat literasi yang ikut bersama kami hanya menginfokan salah satu dari mereka mabuk ya sekali sih tapi semangatnya luar biasa.

Kemah literasi 2022 (kelit 2022) bertempat wanawisata Watukumpul di Desa Petahunan Kec Pekuncen Kab Banyumas, kami cod dengan panitia di kantor Kecamatan Pekuncen panitia memang luar biasa dalam penyambutan sampai kami tidak diperkenankan mengendarai kendaraan pribadi tapi boleh pakai driver lokal sampai lokasi alasannya adalah savety riding, adanya yang menanjak dan tikungan curam is okey lah tapi ya dalam hati bergumam sebegitukah jalannya

Ujian Tasmi' (Program Tahfidz) di Kesetaraan A/SDT Basmala


Senin, 28 November 2022
Salah satu program di PKBM Basmala Grobogan adalah program Tahfidz bagi peserta didik yang tergabung di satuan pendidikan,

Kesetaraan A/SDT Basmala merupakan program rintisan yang berjalan 3 tahun ini, Kesetaraan A yang merupakan pendidikan non formal yg sama dengan jenjang SD formal, baca pada peraturan UU no 20 tahun tentang sistem pendidikan nasional ( Pasal 12 ayat 1 ) dinyatakan pendidikan memiliki jalur formal, non formal dan informal, di PKBM Basmala menerapkan  program yang berbasis konsep homeschooling dan program Tahfidz bagi peserta didik, kegiatan pembelajaran yang dikemas dengan metode yang menyenangkan terhadap peserta didiknya. 

Mulai dari kegiatan pagi dilakukan penyambutan oleh Kak, Mis dan Bunda (sebutan kami kepada guru, ustadz, ustadzah dan pendamping) saat di satuan pendidikan/sekolah. Dilanjutkan menaruh tas di kelas masing masing-masing kemudian menuju di aula yang biasa digunakan untuk kegiatan keagamaan/pertemuan, saat pagi aula digunakan untuk sholat Dhuha berjamaah kemudian untuk pembelajaran Tahfidz sesuai dengan pendampingnya masing-masing disini peserta didik diklasifikasikan (di seleksi) sesuai dengan tingkat capaian peserta didik jadi ada anak yang kelas 3 masih ikut kelas dasar bersama peserta didik kelas 1 atau 2, kegiatan tersebut dilakukan sampai jam 09.45. ujar Ibu Masruroh selalu koordinator Tahfidz di SDT Basmala. 

Setelah kegiatan Tahfidz peserta didik belajar tematik seperti sekolah formal pada umumnya akan tetapi di basmala bekerja sama dengan IHF (Indonesia Heritage Fondation) dalam penanaman karakter peserta didik.

Makan dan istirahat siang dilakukan di basmala untuk menjalin rasa sosial terhadap teman sebaya dan juga menjalin keakraban dalam penanaman karakter peserta didik
Pada sore hari peserta didik diajarkan muatan lokal yaitu pembelajaran Diniyah yaitu kegiatan pembelajaran yang mempelajari tentang tata Krama seorang, Pegon Arab (tulisan Jawa memakai huruf Arab), ilmu Fiqih, Fasholatan dan bahasa Arab.

Kegiatan beragan juga diterapkan di PKBM Basmala misalnya anak anak diajarkan kesenian rebana, renang dll.

Semoga dengan adanya berbagai kegiatan yang dilakukan di PKBM Basmala bisa mewujudkan generasi yang berakhlak mulia, unggul, cerdas dan berprestasi. 

Imunisasi DT di Kesetaraan A/SDT Basmala



 Bulan imunisasi DT (Diphteria Tetanus) untuk kelas 1 dan 2 di laksanakan di Kesetaraan A/SDT Basmala pada hari Rabu, 30 November 2022 kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama antara satuan pendidikan dan Peskesmas Gubug 1.

Anis Latifah selaku wali kelas 2 menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit inveksi Diberi, Tetanus dan batuk Rejan (Pertunis) pada anak, imunisasi tersebut di berikan kepada kelas 1 sebanyak 27 anak untuk imunisasi DT dan kelas 2 sebanyak 22 siswa.

Selain di SDT Basmala kegiatan imunisasi dilakukan di semua pendidikan tingkat dasar di Kecamatan Gubug ujar petugas dari Puskesmas Gubug.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan semua anak di Indonesia khususnya Kecamatan Gubug terbebas dari berbagai penyakit dan bisa menjadi generasi yang berkarakter dan berilmu.