Ads block

Banner 728x90px

Gebyar Hari Santri di TPA & SD Tahfidz Basmala


Gubug, 22 Oktober 2022
Peringatan hari yang dilaksanakan setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya ini tidak sebatas  untuk kalangan pesantren Saja, akan tetapi untuk meningkatkan dan menjalin silaturahmi antara santri, umat Islam dan seluruh bangsa Indonesia 
Dilansir dari situs resmi NU Online, peringatan Hari Santri Nasional pada mulanya diusulkan oleh masyarakat pesantren. Mereka menganggap Hari Santri perlu diperingati sebagai momentum untuk mengingat, mengenang, dan meneladani perjuangan kaum santri dalam menegakkan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Hari Santri Nasional
Sejarah Hari Santri Nasional yang ditetapkan sejak tahun 2015 dilatarbelakangi oleh sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi jauh sebelumnya. Penetapan Hari Santri Nasional merujuk pada peristiwa saat pahlawan nasional KH. Hasyim Asy'ari membacakan seruan berperang (jihad) kepada masyarakat Indonesia pada tanggal 22 Oktober 1945.
Seruan itu berisi ajakan sekaligus perintah kepada seluruh umat muslim di Indonesia untuk berperang melawan sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Indonesia pasca Proklamasi Kemerdekaan. Saat itu, tentara sekutu yaitu Inggris sebagai pemenang perang dunia II berusaha mengambil alih tanah jajahan Jepang.
Ditetapkannya 22 Oktober 2022 sebagai Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingatkan umat muslim dan bangsa Indonesia pada Resolusi Jihad yang telah dicetuskan KH Hasyim Asy'ari. Peristiwa yang terjadi pada 1945 silam itu mengingatkan bagaimana KH Hasyim Asy'ari menggerakkan santri, pemuda, dan masyarakat untuk sama-sama berjuang melawan pasukan kolonial yang berupaya merusak keutuhan NKRI.

Kegiatan Hari santri di PKBM Basmala
Kegiatan yang bertempat di halaman PKBM Basmala, kegiatan yang bertepatan dengan kegiatan rutin di PKBM Basmala yaitu berupa khataman Al Qur'an yang di baca oleh seluruh orang tua /wali murid SD dan PTK di PKBM Basmala setelah kegiatan khataman dilakukan dengan kirab hari santri yang diikuti oleh seluruh siswa 

Dua Guru PAUD Non Formal mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4


 Festival Hasil Panen Belajar

Alhamdulillah Sabtu, 15 Oktober 2022 berkesempatan mendampingi Guru kami Rizky Dyah Safitri (Mis Qiqi) Guru TPA Permata Bangsa dan Tutik Endang Puji Astuti (Bunda Tutik) Guru KB Permata keduanya adalah Guru yang bernaung di PKBM Basmala dan Alhamdulillah keduanya terpilih sebagai Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 provinsi Jawa Tengah. 





Mbahdido (LimBAH daDI DOlanan) dan GAeDol (Gawean anak yang bisa di Dol/Jual) adalah projec yang di kembangkan mereka berdua dalam mempraktikkan  kegiatan bermain, belajar dan bersenang-senang di PKBM Basmala.


Semoga dengan keterlibatan aktif mereka sebagai guru penggerak menjadikan banyak perubahan pembelajaran di program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) , tentunya pembelajaran yang memaksimal sumber alam yang ada di sekitar kita.

Maulid Nabi Muhammad SAW di Basmala



Jum'at, 08 Oktober 2022

Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Basmala (YPIS Basmala) melakukan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Bertepatan dengan kegiatan rutin Khataman Setiap 2 pekan sekali.


YPIS Basmala adalah lembaga pendidikan yang pada saat melaksanakan berbagai program pendidikan Penitipan Anak Permata Bangsa, Kober Permata, RA Menara an Nur Gubug, SD Tahfidz Basmala, Pondok Pesantren, program kejar Paket B dan C serta adanya ketrampilan yaitu Batik tulis, Konveksi dan Barista.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada hari Jumat 08 Oktober 2022 yang melibatkan orang tua dalam kegiatan tersebut. 

Kholifatul Aufa, S.E selaku pendamping kegiatan tersebut menuturkan bahwa kegiatan dimulai dengan penampilan rebana El Bast yang di siarkan secara live streaming di channel YouTube PKBM Basmala.

Selanjutnya diadakan khataman yg di lantunkan oleh temen2 kelas 2 dimulai dari surat Ad Dhuha sampai Annas dilanjutkan dengan Tahlil oleh ananda Pahlevi kelas 3 serta pembacaan dhibaa oleh orang tua murid di tutup dengan doa Khotmil Qur'an oleh kak Layinatul Musyarifah. Al hafidhoh dilanjutkan doa dhibaa oleh bapak Misbachul Munir, M.S.I imbuh Aufa.

Kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan kepada seluruh siswa/siswi di lingkungan YPIS Basmala terhadap kecintaannga kepada Baginda  Nabi Muhammad SAW dan yang selalu diharapkan syafaatnya besok di Yaumil qiyamah imbuh zuzum Nurwakhidah, M.Pd selaku kepala bidang pendidikan di YPIS Basmala.


Pribadi yang santun dan Cerdas (Parenting di Kesetaraan A/ SDT Basmala)


Gubug, 01 Oktober 2022
Kegiatan terprogram di PKBM Basmala (Kesetaraan A/SDT Basmala) dilaksanakan bertepatan dalam  peringatan hari kesaktian Pancasila tanggal 01 Oktober 2022.

Parenting (pertemuan dengan orang tua) dengan tema Pribadi yang santun dan Cerdas. Kegiatan yang diikuti oleh ayah, bunda dari kelas 1,2 & 3 diawali dengan penampilan rebana oleh temen-temen El Best (Group rebana) di SDT Basmala Gubug. 
Zuzum Nurwakhidah, S.Pd.I,S.Pd.AUD, M.Pd selaku Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan di SDT Basmala menjelaskan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk sosialisasi program yang di laksanakan di SDT dan juga sebagai wahana silaturahmi antara lembaga dengan orang tua.

SDT Basmala yang mempunyai program layanan pendidikan berbasis 3 in 1 yaitu (Tahfidz, Kurikulum Merdeka/K13 dan Diniyah) sebagai bekal ananda untuk masa depan mereka, ujar Zuzum. 

Misbachul Munir, M.S.I selaku ketua PKBM Basmala menyampaikan bahwa Menanamkan dan pembiasaan karakter sebagai implementasi dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDT Basmala yang lebih penting karena sopan santun lebih utama dari ilmu.

Kedepannya pembiasaan pada anak dalam  pendidikan sangat utama apalagi kalo kita memandang potensi anak yang berbeda dan sangat luar biasa