Ads block

Banner 728x90px

Nobar G30S PKI (Gerakan 30 September) di SDT Basmala


 



Jum'at, 30 September 2022

Tepat hari ini (30 September 2022) anak-anak di SDT Basmala Gubug Grobogan menonton reka ulang pemberontakan yg dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) atau dikenal dengan istilah G30S PKI. 

Sebelum menonton  Akbarun Ni'am / Guru kelas 3 di SDT Basmala menjelaskan terlebih dahulu apa itu G30S PKI.  Sekelumit misi mereka Salah satu tujuan utama mereka adalah menghancurkan NKRI, menyingkirkan para TNI AD untuk merebut kekuasaan, dan menyebarluaskan ideologi komunis. 

Untuk generasi millenial perlu mengetahui sekelumit sejarah yg begitu menyedihkan yg telah menumpahkan darah para jenderal Indonesia. Sehingga para generasi millenial perlu memahami bahwa kepemimpinan yg lemah akan menyebabkan kehidupan bangsa dan negara pun juga ikut lemah. tambah Kak Niam panggilan akrab Akbaru Ni'am.



Untuk itu pelajaran yg bisa kita ambil adalah belajar tentang menjaga dan bagaimana cara membentengi kuat-kuat bangsa kita agar tidak terjadi lagi peristiwa yg dilakukan oleh PKI kepada para pejuang atau pahlawan kita. Kita harus menang dan menjadikan negara kita negara yg damai sesuai sila-sila Pancasila.

BIAS Campak di Kesetaraan A/SDT Basmala Gubug


 







Gubug, 21 September 2022

BIAS ( Bulan Imunisasi Anak Sekolah ) Imunisasi campak merupakan Program Kesehatan secara nasional meliputi pemberian Imunisasi pada anak sekolah tingkat dasar kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam setahun.  

Kegiatan Imunisasi yang dilakukan atas kerjasama PKBM Basmala (SDT Basmala) dengan Puskesmas Gubug bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran berbagai penyakit sekaligus meningkatkan kesehatan pada anak.

Hilmi selaku petugas dari puskesmas Gubug I menjelaskan bahwa Imunisasi merupakan proses  untuk membuat seseorang menjadi kebal terhadap suatu penyakit

Selain itu  imunisasi dimaksudkan sebagai upaya booster ( ulangan ) terhadap kekebalan yang pernah didapat pada saat bayi ( DPT ) dan campak , dimana pada saat usia anak sekolah kekebalan sudah mulai menurun. pemberian imunisasi Campak Rubella, diberikan pada siswa kelas 1 , tambah bu Hilmi Petugas Dari Puskesmas Gubug I.

Sementara itu Kepala SDT Basmala Zuzum Nurwakhidah, S.Pd.I, M.Pd mengatakan Program imunisasi ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak usia SDT Basmala khususnya bagi kelas 1 (Satu) terhadap penyakit campak, diftri dan tetanus.

semoga dengan pemberian Imunisasi pada siswa-siswi  kelas 1 ini bisa mewujudkan Indonesia sehat.


Bermain dengan Lingkungan di TPA Permata Bangsa Gubug



Selamat pagi temen-temen semua...
Apa kabar hari ini... 
Apakah hari ini senang ....
Anak santun....

sambut Rizqi Dyah Safitri, S.Pd yang akrab di panggil  mis Qiqi sama anak TPA Permata Bangsa & RA Menara an Nur Gubug,

Hari ini anak belajar tentang pohon yang ada di alam sekitar karena belajar dengan alam akan menjadi pengalaman yang sangat berarti dan menyenangkan bagi anak anak di usia dewasa nantinya.

Proses belajar bermakna tidak lahir dari sesuatu yang instan. Anak yang luar biasa juga lahir dari Guru yang luar biasa dalam memproses anak didiknya. Tetap berkarya, menumbuhkan karakter anak, menciptakan inovasi yang kreatif. imbuh mis Qiqi

Usia dini adalah usia emas dan memerlukan perhatian khusus dalam pembentukan karakter anak. 

Menanamkan kecintaan terhadap Al Qur'an sejak dini


Salah satu kegiatan yang sampai sekarang dilakukan di PKBM Basmala adalah Khataman Al-Qur'an, kegiatan rutin ini dilakukan 2 Minggu sekali yang bertepatan pada tanggal 10 September 2022 TPA Permata Bangsa dan SDT Basmala yang bertempat di halaman PKBM Basmala.

Kegiatan Khataman yang melibatkan orang tua SDT Basmala dalam membaca Alqur'an tersebut sudah berlangsung sejak 4 tahun lalu ujar Jami'ah, S.Pd

Rangkaian pada kegiatan tersebut mulai dari Sholat Dhuha Berjamaah di aula PKBM Basmala dilanjutkan menuju halaman Basmala diawali dengan pembukaan oleh bunda Zuzum Nurwakhidah, dilanjutkan Hadhoroh oleh bapak Misbachul Munir dilanjutkan pembacaan surat Ad Dhuha - Annas yg di baca oleh anak-anak SDT Basmala kelas 1, tahlil di baca oleh Ananda Pahlevi kelas 3 dilanjutkan doa di baca oleh Bu Siti Zulaikha. Sebagai penutup ada pembacaan asroqol oleh kak Niam, mis Inna kak Syafiq dan kak Adelia Kelas 3

Diakhir kegiatan adalah acara yang dinanti anak anak yaitu makan bakso kang Bimbim. Alhamdulillah kegiatan khataman di PKBM Basmala berjalan tertib dan lancar semoga kita senantiasa diberikan keberkahan hidup dengan melanggengkan membaca Alqur'an. (Mnr) 

Mens Sana Corpore Sano ala KB Permata


Kelompok Bermain (Kober) Permata Tambakan merayakan kegiatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) pada hari ini Jum'at, 09 September 2022 dengan berbagai kegiatan diantaranya lompat Tali, meniti dan lompat trampolin diikuti oleh semua siswa di KB Permata  yang berjumlah 70 dari usia 2-5 tahun.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan anak pada olah raga betapa pentingnya olahraga untuk tubuh kita ujar Tutik Endang Puji Astuti, S.Pd selaku Kepala Sekolah KB Permata. 
Pendidikan Anak Usia Dini adalah ujung tombak pengenalan berbagai hal pada anak terutama yang berkaitan dengan karakter/perilaku yang baik pada diri anak dan lingkungan keluarga dan masyarakat.

Kegiatan Rebana di SDT Basmala


Kegiatan seni Hadroh/rebana merupakan salah satu kegiatan peningkatan ketrampilan seni untuk anak anak di Kesetaraan A/SDT Basmala Gubug.

Kegiatan yang rutin dilakukan selama 2 hari seminggu yaitu setiap hari Rabu dan Jumat jam 13.30-15.00 yang di latih oleh Mbah Margus Bu Nikmah dan Bu zah adalah pelatih rebana yang sudah terlatih dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang pernah diikuti.

Misbachul Munir selaku ketua PKBM Basmala menuturkan bahwa salah satu kegiatan ini diadakan untuk melestarikan kesenian yang sekarang ini ada dan membekali anak agar muncul jiwa seni dan rasa percaya dirinya. 

Kegiatan yang sudah berjalan hampir 1 tahun ini terbukti sangat efekti hal ini dibuktikan dengan penampilan mereka pada saat gelar karya dan projec yang di lakukan di PKBM Basmala pada bulan Juni tahun. 2021 imbuh Munir.

Dengan adanya kegiatan banyak harapan untuk mewujudkan dan membentuk karakter pada peserta didik di kesetaraan A SDT Basmala Gubug. (Mr)

Sambung Ayat di SDT Basmala


Sabtu, 3 September 2022
Kegiatan Murojaah dengan metode sambung Ayat, kegiatan ini dilakukan oleh para asatidz dan asatidzah dalam mengisi kegiatan di akhir pekan pada program unggulan kami yaitu program Tahfidz yang dilaksanakan setiap hari Sabtu.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengulang kembali hafalan (Tahfidz) anak yg dilaksanakan selama seminggu dan selain itu untuk menambah semangat siswa siswi dalam kegiatan Tahfidz.
Bunda Masruroh selaku Guru koordinator bidang Tahfidz di SDT Basmala menjelaskan selain untuk mengingat Tahfidz anak selama seminggu juga untuk memotivasi siswa yang lain dalam kegiatan Tahfidz yang dilaksanakan. 



Saka Widya Budaya Bhakti di PKBM Basmala


Gubug, 15 Agustus 2022
Satya kukudharmakan Dharma kukubaktikan agar jaya Indonesia Indonesia aku jadi pandumu. 
Saka Widya Budaya Bhakti PKBM Basmala Grobogan melakukan kegiatan upacara Pramuka pada tanggal 15 Agustus 2022 yg bertempat di halaman PKBM Basmala.

Kegiatan dilaksanakan untuk menanamkan kepramukaan pada anak di PKBM Basmala agar anak anak tertanam kemandirian tanggung jawab serta cinta akan lingkungan dan sesama. 

Setelah kegiatan upacara anak anak diajak untuk mendirikan tenda secara gotong royong makan bekal dan memasak sederhana di sekitar tenda.

Kegiatan tersebut di tutup pada sore hari dengan anak anak bekerjasama melipat tenda membersihkan lingkungan sekitar.

Kesetaraan A/SDT Basmala Manfaat lingkungan sebagai sumber belajar


Gubug, 25 Agustus 2022.
Kesetaraan A/SDT Basmala Gubug hari ini (Kamis) anak anak di SDT Basmala kelas 3 belajar Bahasa Inggris, kegiatan di ajarkan kepada anak untuk mengenalkan bahasa asing pada mereka untuk lebih familiar dengan komunikasi bahasa.

Kak Niam selaku pendamping kelas 3 di SDT Basmala menjelaskan kegiatan ini diberikan agar anak lebih mengenal lingkungan alam untuk di tulis dikertas tentunya kegiatan tersebut dibuat kelompok  kemudian anak anak di berikan kamus untuk mencari kata yg berbahasa Indonesia di temukan yg berbahasa Inggris.

Pembelajaran Bahasa Inggris diberikan kepada anak kelas 3 agar lebih memahami selanjutnya setelah anak menemukan dalam berbasa Inggris kak Niam meberikan tugas untuk mempresentasikan hasil di depan temen temannya imbuh kak Niam.

Harapan dari lembaga kegiatan ini agar memberikan pengalaman yg bermakna bagi peserta didik kelas 3 tentunya dan akhirnya nanti akan adanya puncak tema di setiap kelas. 

Menanamkan cinta NKRI sejak Usia Dini di TPA Permata Bangsa


Gubug, 16 Agustus 2022

TPA Permata Bangsa dan SDT Basmala PKBM Basmala mengadakan kegiatan puncak tema dalam peringatan HUT RI Ke 77 (Khataman Al Qur'an dan Suronan) dengan kegiatan ziarah ke makam Aulia dan Pejuang kemerdekaan yang berasa disekitar kecamatan Gubug dengan tujuan pertama di makam Mbah Sobar Iman/Mbah Pilang dilanjutkan ke Pejuang sekaligus Aulia yaitu Mbah Hasan Anwar dilanjutkan ke Makam Mbah Ganjur Ngroto Gubug.

Zuzum Nurwakhidah, S.Pd.I. M.S.I menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian berbagai kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 77 dengan lomba lomba yang diikuti semua siswa TPA Permata Bangsa dan SD Tahfidz Basmala diantara lomba lomba tersebut adalah makan kerupuk, estafet air, estafet tepung dan lain lain.

Kegiatan tersebut juga sebagai aksi dalam menanamkan wujud dari Profil Pelajar Pancasila hal ini senada dengan terpilihnya TPA Permata Bangsa sebagai sekolah penggerak imbuh zuzum.

Semoga kedepannya PKBM Basmala selalu menjadi kepercayaan masyarakat dan selalu menebarkan kebaikan untuk semua. 

ANBK di Paket C Basmala


Grobogan 29 Agustus 2022

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Basmala yang beralamat di Jl. Pilangsari Raya no 99 Desa Gubug Kec Gubug Kab Grobogan melakukan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Paket C, peserta ANBK adalah sampling dari siswa yang terdaftar di Paket C Basmala tahun 2022/2023.
Haryono Nurwibowo selaku penanggung jawab program paket C/ Setara SMA Basmala menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta sampling dari siswa PKBM Basmala, kegiatan ANBK di PKBM Basmala dilaksanakan pada Gelombang 1 yaitu pada tanggal 29-30 Agustus 2022.

Kegiatan ANBK ini membuktikan bahwa PKBM juga sama dengan sekolah formal (SMA/SMK/MA)  pada umumnya dengan dibuktikan bahwa pelaksanaan bersamaa dengan sekolah formal, imbuh Haryono.

Dikutip dari laman Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbudristek, instrumen yang dipakai di ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

AKM menjadi instrumen yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Sementara Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

Sedangkan Survei Lingkungan Belajar akan mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan Pendidikan.